Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Masa menstruasi merupakan suatu kondisi yang pasti akan terjadi pada setiap wanita yang sudah masuk masa baligh atau dewasa (terkecuali untuk wanita penderita Amenorea). Namun ada fase yang akan terjadi pada beberapa orang ketika saat haid ini salah satunya adalah merasakan nyeri terutama pada awal-awal masa haid. Anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome atau PMS.  Salah 1 penyebab PMS diduga karena adanya faktor hormonal yaitu terjadi karena tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan tidak seimbangnya hormon. Bisa saja penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh.

Gejala Premanstrual Syndrome atau PMS

Beberapa gejala yang biasa dialami ketika seorang wanita mengalami PMS ialah :

  • Payudara nyeri dan mengalami bengkak
  • Mengalami pusing
  • Merasakan nyeri pada perut bagian bawah
  • Perut menjadi kembung
  • Terkadang merasa depresi
  • Sering mengalami kelelahan

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai salah satu cepat dan mudah menghilangkan nyeri saat haid yang bisa Anda lakukan di rumah :

Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Nyeri Saat Haid

  1. Berbaring
    Langkah pertama untuk meredakan nyeri ketika haid yang bisa lakukan adalah dengan berbaring. Apabila rasa nyeri mulai muncul saat haid, maka kamu dapat merebahkan tubuh terlebih dahulu di kasur atau sofa. Biasanya, rasa nyeri timbul pada bagian punggung sehingga dengan berbaring maka rasa nyeri akan berkurang. Gunakanlah bantal di bawah lutut untuk menyangganya dan ambillah napas panjang kemudian hempaskan. Lakukanlah hal ini secara berulang sampai kamu merasa lebih nyaman.
  2. Kompres Perut
    Langkah ke 2 yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri ketika haid adalah dengan melakukan kompres perut. Anda dapat mengompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas. Adapula yang melakukan rileksasi dengan cara berendam di dalam air hangat untuk mengatasi nyeri menstruasi.
  3. Konsumsi Makanan Sehat
    Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Karena menurut beberapa penelitian PMS juga dihubungkan dengan adanya asupan vitamin B , kalsium dan juga magnesium. Maka konsumsilah buah dan sayur aneka warna, ikan,labu dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati. Jauhi juga minuman beralkohol, merokok, makanan berlemak jahat serta makanan instan seperti mie instant dll.
  4. Lakukan Pijatan lembut
    Lakukan pemijatan ringan. Pemijatan ini dapat dilakukan pada daerah bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang . Lakukakan juga pemijatan ini secara hati-hati pada otot sekitar pusar dengan cara mencubit . Anda juga bisa menyempurnakan pijatan ringan di sebelah otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah.
  5. Minum Jamu
    Cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan serta menghilangkan rasa nyeri ketika haid adalah dengan meminum jamu atau obat herbal. Obat tradisional sering digunakan dalam mengatasi nyeri haid. Anda bisa menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Sisakan setengahnya kemudian disaring dan airnya dapat diminum 2 kali sehari.
  6. Olahraga ringan
    Olahraga memang banyak sekali manfaatnya selain memang kegiatan olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang fit dan sehat. Olahraga yang bisa membantu Anda meringankan nyeri haid adalah dengan berjalan kaki. Dengan Anda melakukan jalan kaki dapat membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, bisa Anda lakukan selama 30 menit secara teratur . Jogging juga bisa menjadi alternatif untuk Anda meringankan nyeri haid. Dengan jogging Anda dapat memperlancar aliran darah sekaligus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Alternatif lainnya yaitu yoga. Dengan yoga Anda dapat mengatur pernapasan saat menstruasi selain itu juga olahraga ringan seperti yoga dapat membuat anda rileks serta meningkatkan sirkulasi darah.
  7. Mengkonsumsi Obat-Obatan
    Jika rasa nyeri tak kunjung hilang Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Namun hal ini harus sesuai dengan anjuran yang disarankan oleh dekter.  Alternatif lainnya yang kami rekomendasikan yakni dengan mengkonsumsi obat herbal Jelly Gamat Gold g, yang secara alami mampu atasi rasa nyeri dan menghilangkan keluhan-keluhan gejala PMS yang aman tanpa efek samping. Untuk info selanjutnya, silakan Klik Disini !!
  8. Konsultasikan kepada dokter
    Jika semua cara diatas tidak membuat kondisi berubah maka sangat disarankan untuk anda berkonsultasi dengan dokter. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan merasakan nyeri tetapi jika nyeri tidak hilang dan sangat mengganggu bisa jadi awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi. Sehingga pemeriksaan dokter akan membantu anda untuk mengetahui lebih awal dan memberikan penanganan yang tepat.

Nahh sekian sedikit informasi tentang cara cepat dan mudah menghilangkan nyeri saat haid. Semoga infonya bermanfaat 🙂

Baca Artikel Kami Lainnya :

Cara Mengobati Penebalan Dinding Rahim

Comments

comments

admin

Kami adalah salah satu distributor obat herbal terbesar yang menjual berbagai macam produk herbal yang berkualitas serta telah memenuhi standarisasi bertingkat nasional dan bahkan 1 diantaranya telah berstandar Internasional. Anda tidak perlu ragu dengan kualitas obat herbal yang kami jual. Info lebih lengkap hubungi kami 085797888546 atau WA 082330002636

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Februari 10, 2017

    […] Sumber: Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Nyeri Saat Haid […]

  2. Maret 6, 2017

    […] Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Nyeri Saat Haid […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *